Bikin Melek Lebih Lama Dengan Cara Tidur Bifasik


Tidur bifasik adalah jadwal tidur yang membagi jam tidur jadi 2x dalam satu hari. Jadwal tidur ini disangka bisa membuat Anda lebih “melek” di siang hari. 

Jam tidur baik orang dewasa ialah sepanjang seputar 7-9 jam tiap malamnya. Tetapi pada jadwal tidur bifasik, jumlahnya serta waktu tidur itu dibagi jadi 2 sisi, yakni tidur panjang pada malam hari ditambah tidur dalam sekejap di siang hari. 

Jadwal tidur bifasik ini diakui mempunyai beberapa faedah, seperti kurangi rasa kantuk di siang hari serta membuat tidur lebih pulas. 

Bagaimana Lakukan Tidur Bifasik? 

Ada cara-cara untuk lakukan jadwal tidur bifasik ini, contohnya: 
  • Tidur 6 jam pada malam hari, lalu tidur siang sepanjang 1-1,5 jam. 
  • Tidur 7-8 jam pada malam hari, selanjutnya tidur siang sepanjang 30 menit. 

Anda dapat membagi jam tidur bifasik di antara siang serta malam sesuai keperluan serta kegiatan Anda seharian. Contohnya bila Anda kerja sampai tengah malam atau kerja shift pada malam hari, karena itu jumlahnya jam tidur yang terpotong saat malam hari dapat ditambah lagi semakin banyak untuk jam tidur siang. 

Tidur Bifasik dari Bagian Medis 

Berdasar hasil riset serta beberapa analisis ilmiah, didapati jika dulu manusia dengan alami memang mempunyai jadwal tidur bifasik yang terdiri jadi 3-5 jam saat malam hari serta 3-5 jam pada siang hari. Tetapi sebab modernisasi serta mengembangnya tehnologi seiring berjalannya waktu, jadwal tidur ini menjadi 7-8 jam langsung tiap malamnya. 

Pada intinya, baik tidur yang terdiri jadi 2 sisi atau tidur langsung sepanjang 7-8 jam tiap malam saling baik buat kesehatan. Tetapi dengan medis, ada banyak faedah tidur bifasik yang dapat didapat, yakni: 

1. Tingkatkan daya konsentrasi 

Beberapa orang sekarang mengaplikasikan jadwal tidur bifasik sebab menganggap jika jadwal tidur ini dapat membuat mereka lebih produktif, lebih “melek”, serta dapat mengakhiri semakin banyak pekerjaan. 

Menurut satu analisa kesehatan, tidur bifasik dengan tidur siang sepanjang 5-30 menit bisa melakukan perbaikan peranan kognitif serta potensi konsentrasi. Sedang riset lain mengutarakan jika tidur siang bisa menangani permasalahan kekurangan tidur, khususnya pada seorang yang seringkali bergadang. 

2. Tingkatkan daya badan 

Tidur salah satu langkah alami badan untuk kumpulkan tenaga yang akan diperlukan waktu beraktivitas serta pekerjaan tersendiri. Jadwal tidur bifasik memberikan peluang buat badan untuk beristirahat semakin banyak serta kumpulkan daya itu. 

Oleh karenanya, jadwal tidur ini dapat dibuktikan bisa tingkatkan produktivitas serta membuat satu orang jadi lebih semangat dalam jalani kegiatan seharian. 

3. Menolong jaga kandungan gula darah 

Ada satu studi yang membahas faedah tidur bifasik dalam jaga kandungan gula darah. Dalam studi itu, didapati jika orang yang jalani tidur bifasik kelihatan mempunyai kandungan gula darah yang lebih konstan, hingga jadwal tidur ini dipandang baik buat pasien diabetes. Ini disangka sebab tidur bifasik bisa menolong menangani depresi berlebihan pada tubuh. 

Untuk memperoleh faedahnya dengan optimal, jadwal tidur bifasik harus dikerjakan jadi kegiatan rutin, dengan pola tidur yang sama sehari-harinya. Ini dikerjakan buat pastikan Anda memperoleh jam tidur yang cukup. 

Walau berguna buat kesehatan, tidur bifasik mempunyai beberapa efek. Jadwal tidur bifasik yang mengagendakan tidur siang teratur bisa mengakibatkan susah tidur pada malam hari pada beberapa orang. 

Diluar itu, jadwal tidur bifasik pun tidak pas dikerjakan oleh orang yang mempunyai masalah tidur atau permasalahan psikologis tersendiri, seperti stres. Ini sebab pasien stres yang lakukan tidur bifasik dapat alami perburukan tanda-tanda. 

Tertarik untuk coba jadwal tidur bifasik? Bila Anda seringkali merasakan lemas serta susah untuk konsentrasi sebab kurang istirahat, karena itu jadwal tidur ini dapat dicoba. Tetapi jika Anda mempunyai masalah tidur, semestinya tanyakan dahulu dengan dokter sebelum jalani jadwal tidur bifasik.

Posting Komentar

0 Komentar