Cara Membersihkan Gigi Bayi dan Balita yang Benar


Di umur mereka, anak ialah barisan umur yang paling rawan terserang infeksi serta masalah gigi, misalnya gigi berlubang serta gigi busuk. Ini dapat dikarenakan oleh sebab kesukaan mereka melahap minuman dan makanan berkadar gula tinggi. Bila digabungkan dengan skema memperhatikan kesehatan gigi yang belum teratur, karena itu efek ini dapat beresiko buat buah hati Anda. 

Bersihkan Gigi Bayi serta Balita 

Ke-20 gigi susu anak akan tumbuh pada umur enam bulan sampai tiga tahun. Selanjutnya, pada umur enam tahun akan tergantikan oleh gigi permanen dengan alami. Khususnya semenjak umur satu tahun, Anda mungkin butuh ajak anak untuk memperiksakan-diri ke dokter gigi. Dokter akan menilai peluang efek lubang pada giginya. Di bawah ini ialah beberapa hal yang bisa dikerjakan untuk jaga kebersihan gigi balita, salah satunya: 
  • Waktu bayi telah tumbuh gigi, Anda dapat membersihkannya dengan kain halus atau kain kasa. 
  • Pakai pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Tetapi, bila anak Anda berumur dibawah 6 tahun, karena itu yakinkan jika Si Kecil cuma memakai pasta gigi seukuran kacang polong dan peringatkan kepadanya tidak untuk menelan pasta gigi itu serta meludahkannya. Bila Si Kecil berumur dibawah 2 tahun, jangan memakai pasta gigi berfluoride, terkecuali atas saran dokter. 
  • Pada umur 3-4 tahun, lakukan mereka untuk menggosok gigi dengan pertolongan Anda. Peringatkan kepadanya untuk rajin menggosok gigi, paling tidak tiap pagi serta malam. Tetapi tetap ingat jika setiap step perubahan anak berlainan, ada anak yang secara cepat belajar menggosok gigi, tetapi ada pula yang tidak. Serta upayakan selalu untuk mengamati serta mengecek apa yang Si Kecil kerjakan. 

Semestinya, lakukan anak untuk berhenti menyedot jempol atau dot, khususnya pada umur 4 tahun ke atas, sebab beresiko mengganggu perkembangan gigi. Bila Si Kecil masih mengerjakannya, selekasnya tanyakan pada dokter gigi beberapa anak.

Posting Komentar

0 Komentar