Manfaat Aromaterapi dan Beberapa Langkah Memakai


Aromaterapi banyak dipakai jadi therapy penambahan atau therapy pilihan. Aromaterapi yang dapat dikerjakan di dalam rumah atau didapat di pusat kecantikan, seperti spa, mungkin bisa menolong individu merasakan bertambah nyaman pada umumnya. Namun, beberapa pakar belum juga dapat menunjukkan jika aromaterapi bisa menahan atau mengobai penyakit. 

Manfaat Aromaterapi 

Beberapa riset tunjukkan jika aromaterapi mempunyai beberapa faedah pada kesehatan, diantaranya: 
  • Membuat badan serta pemikiran jadi enjoy. 
  • Tingkatkan kualitas tidur serta menolong memudahkan insomnia. 
  • Memudahkan rasa sakit, seperti ngilu haid, ngilu karena batu ginjal, atau ngilu pada osteoartritis. 
  • Menolong kurangi depresi. 
  • Menantang bakteri, virus, serta jamur bila dioles-oleskan ke kulit. 
  • Tingkatkan kebal badan. 
  • Membuat lancar pencernaan. 
  • Memudahkan rasa resah saat bersalin. 
  • Menurunkan sakit kepala serta migrain. 
  • Menurunkan mual. 

Meskipun begitu, aromaterapi tidak dapat jadikan penyembuhan penting untuk mengatasi penyakit. Beberapa faedah aromaterapi yang disebut di atas sebagai perawatan penambahan atau pilihan. 

Diluar itu, efektivitas serta keamanan pemakaian aromaterapi masih butuh dibuktikan serta ditelaah selanjutnya. 

Beberapa Langkah Memakai Aromaterapi 

Untuk memperoleh faedahnya, ada cara-cara pemakaian aromaterapi yang dapat Anda pilih, yakni: 

1. Hirup uap aromaterapi 

Hirup uap aromaterapi, terutamanya minyak kayu putih, diakui bisa memudahkan tanda-tanda pilek serta hidung terhalang. Triknya, campur 1-2 tetes minyak aromaterapi ke sebaskom air hangat, lalu menundukkan kepala Anda ke atas baskom serta tutupi dengan handuk. Hirup uap yang keluar dari air hangat itu, sepanjang 5-10 Atau bila tidak mau ribet, Anda dapat hirup cotton bud yang telah dikasih 1-2 tetes minyak kayu putih. 

2. Memakai diffuser 

Diffuser aromaterapi ialah alat yang dipakai untuk merubah minyak aromaterapi jadi uap serta menebarkannya ke semua ruang. Ada bermacam type diffuser, baik dari keramik (tungku) dengan lilin, atau yang menggunakan tenaga listrik. 

Yakinkan diffuser aromaterapi ini tidak dipakai dalam periode waktu lama di dalam rumah, lebih bila salah satunya yang tinggal di rumah sedang hamil atau mempunyai keadaan medis tersendiri. 

3. Untuk mandi 

Berendam di air hangat yang ditambah lagi beberapa tetes minyak aromaterapi bisa menurunkan depresi. Anda dapat memakai minyak mendasar lavender, bergamot, sereh, mawar, lemon, atau jeruk. 

4. Untuk pijat 

Saat memijat badan, Anda dapat mencampurkan minyak aromaterapi dengan minyak pijat. Tidak hanya membuat badan jadi santai, kombinasi minyak ini dapat kurangi kram waktu menstruasi serta menurunkan tanda-tanda menopause. 

Tetapi pada beberapa orang, minyak aromaterapi bisa mengakibatkan alergi serta iritasi pada kulit. Jadi, jauhi pemakaian minyak aromaterapi terlalu berlebih, serta yakinkan minyak itu telah diencerkan atau digabung dengan minyak yang lain. 

Butuh diingat juga, jangan memoleskan minyak aromaterapi pada anggota badan yang memar, ruam, abuh, atau cedera. 

5. Produk perawatan badan 

Ada beberapa produk perawatan badan, seperti losion atau scrub, yang memiliki kandungan minyak mendasar. Beberapa minyak mendasar dibuat spesial untuk dioles-oleskan langsung pada kulit, buat mengharumkan badan. 

Walau mempunyai banyak faedah, aromaterapi mempunyai efek. Jadi, yakinkan Anda telah pahami benar langkah memakainya. Jika Anda mempunyai keadaan medis tersendiri, dianjurkan untuk konsultasi dulu ke dokter sebelum memakai aromaterapi.

Posting Komentar

0 Komentar