Tips SehatQ.com : 5 Tanda-Tanda Ibu Hamil Butuh ke Rumah Sakit

Tips-SehatQ.com-5-Tanda-Tanda-Ibu-Hamil-Butuh-ke-Rumah-Sakit

Ketika kehamilan memasuki trimester ketiga, Anda harus mulai bersiap-siap menghadapi kelahiran si bayi. Persiapan yang dimaksud tidak hanya mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk dibawa, namun juga perlu memperbanyak informasi terkait melahirkan dan tanda-tandanya. Dikutip dari laman SehatQ.com, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai jelang melahirkan. Apa saja itu?

Tanda Ibu Hamil Butuh ke Rumah Sakit 

Berikut tanda-tanda ibu hamil harus segera ke rumah sakit. 

1. Posisi bayi sudah semakin turun 

Tanda yang pertama, posisi bayi sudah semakin turun. Yang dimaksud dengan posisi sudah turun adalah ketika kepala bayi sudah berada di bawah. Ini berarti bayi sudah siap untuk keluar. Pada masa-masa ini, frekuensi buang air kecil akan semakin sering.

Tanda lainnya yang ibu rasakan ketika posisi bayi sudah semakin turun adalah keluhan sesak napas berkurang. Hal ini dikarenakan posisi bayi tidak lagi memenuhi ruangan di sekitar paru-paru melainkan sudah berada di bawah di dekat jalan lahir.

2. Rahim mulai terbuka 

tanda yang kedua, rahim mulai terbuka. Hal ini bisa diketahui melalui pemeriksaan oleh petugas medis, baik itu dokter maupun bidan. Beberapa hari menjelang persalinan, rahim ibu akan mulai terbuka. Saat waktu melahirkan tiba, rahim ibu akan mengalami bukaan 10 yang berarti bayi sudah siap dilahirkan.

3. Keluar flek 

Tanda yang ketiga adalah keluar flek dari vagina. Flek yang dimaksud berwarna kecoklatan yang kadang juga disertai dengan lendir. Jika mulai muncul flek, Anda tidak perlu takut karena ini adalah hal yang wajar menjelang kelahiran bayi. Segera persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk dibawa.

4. Kontraksi yang semakin kuat 

Tanda yang keempat menurut laman SehatQ.com adalah kontraksi yang semakin kuat. Kontraksi ini dialami oleh ibu hamil yang menjalani persalinan normal. Semakin dekat waktu melahirkan, semakin sering kontraksi itu terjadi dengan interval yang berdekatan.

Namun jangan terburu-buru pergi ke rumah sakit atau rumah bersalin ketika Anda mengalami kontraksi. Bisa jadi itu adalah kontraksi palsu. Untuk itu, Anda harus bisa membedakannya. Kontraksi menjelang melahirkan memiliki ciri sebagai berikut:
  • - Kontraksi semakin lama terasa semakin kuat
  • - Kontraksi tidak berhenti walaupun Anda mengubah posisi
  • - Semakin sering terjadi dengan pola yang teratur, misalnya 5 menit sekali atau 2 menit sekali.
  • - Kontraksi tidak hanya terasa di perut namun juga di punggung.
Anda juga sebaiknya mengingat-ingat, kalau perlu mencatat kontraksi yang terjadi. Jika semakin kuat dan tidak tertahankan, Anda sebaiknya segera pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat. 

5. Air ketuban pecah 

Tanda yang kelima adalah air ketuban pecah. Pecahnya air ketuban menjadi tanda terakhir semakin dekatnya waktu si bayi untuk terlahir ke dunia ini. Tetap tenang. Segera bawa perlengkapan yang sudah dipersiapkan untuk menuju ke klinik atau rumah sakit terdekat. Dalam waktu dekat, Anda akan berjumpa dengan buah hati Anda.
 
Jika ibu hamil mengalami 5 tanda-tanda tersebut atau salah satu di antaranya, suami sebaiknya mulai bersiap untuk pergi ke rumah sakit. Kelima tanda tersebut merupakan tanda waktu melahirkan sudah tiba. 
 
Jauh sebelum waktu melahirkan, lebih baik jika Anda sudah menentukan ingin melahirkan di mana. Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung lagi ketika waktu melahirkan sudah tiba. Cari-cari tahu fasilitas kesehatan dengan pelayanan ibu melahirkan terbaik yang ada di kota Anda. Jika Anda butuh informasi mengenai faskes, Anda bisa mengunjungi laman SehatQ.com. 
 
Laman kesehatan berbasis online ini tidak hanya menyediakan informasi mengenai kesehatan, namun juga informasi dan pelayanan yang tersedia di suatu fasilitas kesehatan, baik itu rumah sakit maupun klinik. Anda bisa membaca ulasan singkatnya di laman SehatQ.com sekaligus mencari tahu fasilitas yang disediakan di tempat tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar