Praktis, Yuk Intip Cara Membuat Hand Sanitizer



Covid-19 merupakan masalah kesehatan yang tak kunjung usai. Untuk itu kita harus lebih waspada agar tidak terjangkit virus satu ini. Salah satu cara menghindari penyebarannya adalah dengan rajin mencuci tangan sebelum ataupun sesudah bepergian. Pemerintah juga menganjurkan membawa antiseptik untuk tangan saat bepergian. Agar lebih praktis anda dapat membuat hand sanitizer sendiri di rumah, berikut simak langkahnya.
 

Cara Membuat Antiseptik Yang Mudah Dan Aman

 

1. Siapkan Bahan

Terdapat beberapa bahan yang harus anda persiapkan saat membuat antiseptik. Antara lain alkohol 70%, aloe vera atau lidah buaya dan essensial oil. Pastikan memilih alkohol 70% yang asli, pasalnya banyak diluar sana pedagang yang menjajakan alkohol palsu. Untuk lidah buaya anda dapat memilih menggunakan gel lidah buaya kemasan atau daun lidah buaya yang belum di proses. Jika anda tidak memiliki essensial oil anda dapat menggantinya dengan parfum.
 

2. Campurkan Bahan Sesuai Takaran

Anda dapat membuat antiseptik dengan perbandingan campuran bahan 1 : 3. Misal anda menggunakan 50 gram aloe vera maka alkohol yang anda gunakan adalah 150 gram. Campurkan aloevera dengan alkohol sesuai takaran dan aduk selama 15 menit. Diamkan beberapa menit dan tambahkan parfum atau essensial oil untuk menambah aroma pada antiseptik. Pindahkan hand sanitizer pada wadah semprot dan sejenisnya.
 
Agar pemakaian antiseptik efektif anda perlu memerhatikan dua hal yakni, gunakan anti septik saat tangan anda bersih. Apabila tangan anda masih kotor dan berminyak ada baiknya untuk mencucinya terlebih dahulu. Pasalnya menggunakan antiseptik pada saat tangan kotor membuat antiseptik bekerja kurang efektif. Hal ini dikarenakan antiseptik hanya digunakan untuk mengurangi jumlah mikroba yang ada pada tangan.
 
Anda juga tidak boleh menggunakan antiseptik terlalu sering karena hal ini dapat membuat tangan anda menjadi kering dan berkerut. Semprot atau oleskan antiseptik ke seluruh permukaan tangan hingga sela jari selama 30 hingga 60 detik. Hal ini dikarenakan antiseptik berbahan dasar alkohol membutuhkan waktu sekitar 60 detik untuk membunuh sebagian besar kuman yang menempel pada tangan. Mudah dicoba bukan cara tersebut?

Posting Komentar

0 Komentar